Mengenal Spare Part Pada Root Blower Beserta Kerusakan yang Sering Terjadi

Root blower merupakan salah satu mesin yang paling penting pada vacuum pump. Pada sebuah industri, banyak sekali yang menggunakan root blower ini sebagai alat bantu kerja mereka.

Maka dari itu, akan sangat merugikan jika terjadi kerusakan pada salah satu spare part root blower tersebut. Disamping perlunya penanganan khusus jika terjadi kerusakan, kerugian lain yang terjadi adalah terhambatnya proses kerja produksi pada suatu industri.

Untuk mengetahui apa saja kerusakan yang sering terjadi pada root blower anda, maka hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu adalah mengenai berbagai jenis spare partnya.

Dengan mengetahui apa saja spare part pada root blower, maka akan memudahkan anda dalam menentukan bagian mana yang sedang mengalamai kerusakan.

Spare Part pada Root Blower

Berikut beberapa spare part yang perlu untuk anda ketahui terlebih dahulu. Hal ini dilakukan demi lancarnya penangan yang terjadi berikutnya. Demi mengetahui dengan tepat bagian mana yang sedang mengalami kerusakan, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu spare part berserta fungsinya, seperti di bawah ini.

1. Mesin Utama Root Blower

Pada setiap mesin pada alat elektronik, part utama yang selalu ada adalah mesin utama. Seperti juga pada root blower ini, mesin utama merupakan jantung baginya. Jika terjadi kerusakan pada mesin ini, sudah dipastikan root blower tidak akan bisa nyala sama sekali.

2. Dinamo

Spare part pada root blower selanjutnya yang juga tidak kalah penting yaitu dinamo. Adanya dinamo bertujuan untuk menjalankan mesin utama dengan cara perputaran. Jadi jika tidak ada dinamo, mesin tidak akan bisa berputar sebagaimana mestinya. Dan tentu root blower tidak akan bisa digunakan.

3. Baseplate dan slincer

Spare part berikutnya yang ada pada root blower adalah baseplate dan slincer. Baseplate adalah sebuah tempat yang dirancang khusus untuk menaruh mesin root blower agar tetap pada satu tempat dan tidak goyang serta pindah-pindah.

Sedangkan slincer adalah sebuah alat peredam bunyi yang ada pada root blower. Jika root blower sedang menyala, maka bunyi akan diredam oleh alat ini, sehingga tidak terlalu keras dan tidak begitu mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakannya.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai jenis dan spare part pada root blower, silahkan saja melihat di katalog becker pump yang sudah tersebar luas di internet. Katalog becker pump akan memberikan beberapa rekomendasi root blower yang dapat anda pilih sesuai kebubutuhan.

Kerusakan yang Sering Terjadi pada Root Blower

Berbagai keruskan berikut dapat terjadi dikarenakan kelalaian dari pengguna, serta kurangnya perhatian dalam perawatannya.

1. Mesin Utama

Mesin utama merupakan part yang sering rusak pada sebuah root blower. Kerusakan ini terjadi dikarenakan pelumas berupa oli yang digunakan untuk meminimalisir gesekan mesin sudah mulai habis dan menurun kualitasnya.

2. V- Belt

Kerusakan yang terjadi pada v-belt dapat ditandai dengan suara memekik nyaring yang tidak seperti biasanya. Hal ini dikarenakan masa pakai v-belt yang sudah melebihi batas, yaitu sekitar 650 km. Jika hal ini terjadi, maka segeralah lakukan penggantian secepatnya.

3. Pulley

Kerusakan yang terjadi dapat diakibatkan oleh keadaanya yang kotor serta haus. Jika anda tidak sering melakukan pengecekan, maka dapat dipastikan pulley akan cepat rusak dikarenakan kurangnya pelumas dan kebersihannya yang kurang terjaga.

Nah, beberapa hal di atas adalah sebuah informasi penting yang wajib anda ketahui mengenai root blower. Jika anda berminat untuk membelinya, maka datang dan hubungi saja PT Intidaya Dinamika Sejati.

PT Intidaya dinamika sejati akan memberikan pelayanan terbaik bagi anda yang sedang membutuhkan alat tersebut. Selain distributor, mereka juga merupakan konsultan serta teknisi yang sudah profesional serta berpengalaman dalam bidang vacuum pump dan compressor.