Manfaat Cabe Rawit, Salah Satunya Bisa Mengurangi Gejala Flu

Cabe rawit adalah bahan makanan yang populer di Indonesia. Biasanya, orang suka memakannya bersama gorengan dan mencampurkannya di dalam bumbu makanan, sehingga membuatmu jadi semakin berselera.

 

Menariknya banyak studi yang menyatakan bahwa cabe rawit yang pedas ini memberikan berbagai manfaat kesehatan. Kira-kira apa saja ya. Berikut penjelasannnya:

 

Dikutip Healthline cabe mengandung nutrisi yang dibutuhkan. Cabe rawit memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, vitamin K, kalium, tembaga, serta vitamin A.

 

Cabe juga mengandung karotenoid, antioksidan, lutein, asam sinapic, dan asam ferulic yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker.

 

  1. Menstimulasi sirkulasi darah

Dikutip dari MSFT Kitchen, manfaat kesehatan utama cabe rawit adalah menstimulasi sirkulasi darah. Hal ini dapat mengurangi resiko varises, mempercepat penyembuhan dalam tubuh, dan mendorong suplai darah untuk membuang racun. Menariknya, semakin pedas variasi yang kamu konsumsi, semakin besar efeknya pada sirkulasi kamu.

 

  1. Cocok untuk masalah sembelit

Cabe rawit dapat membantu peristaltik, mekanisme otot yang memeras makanan di sepanjang usus. Ini berarti cabe rawit sangat baik jika kamu mengalami sembelit. Demikian pula, jika kamu memiliki perut yang kurang nyaman, cabe rawit dan bumbu pedas lainnya diketahui dapat menyebabkan diare. Namun perlu juga diingat bila kamu menderita IBS atau sedang dalam masa pemulihan dari diare dan muntah, cabe rawit sebaiknya dihindari.

 

  1. Merangsang metabolisme

Cabe rawit juga merangsang metabolisme. Kadang-kadang cabe digunakan sebagai bagian dari program detoksifikasi dan penurunan berat badan. Namun perlu juga diingat bahwa kamu tidak mungkin bisa menurunkan berat badan hanya dengan memakan ini. Menurunkan berat badan membutuhkan diet yang tepat serta olahraga.

 

  1. Meredakan gejala pilek

Beberapa orang menggunakan cabe rawit sebagai pengobatan rumahan untuk batuk, hidung tersumbat, dan melawan flu. Dan ini mungkin juga bisa digunakan untuk gejala covid-19 yang hampir mirip dengan flu.

 

Penulis tinjauan 2016 menemukan bahwa cabe ini dapat meredakan gejala seperti bersin, hidung tersumbat, tetesan post natal, dan hidung tersumbat. Perlu diketahui bahwa ini bisa berfungsi ketika alergi atau merokok bukanlah penyebabnya.

 

Cabe rawit mungkin memiliki efek ini dengan mengecilkan pembuluh darah yang melebar di hidung dan tenggorokan. Para peneliti di balik studi pada 2019 yang melibatkan 46 peserta menemukan bahwa semprotan yang mengandung ini memberikan ‘bantuan cepat dan berkelanjutan yang signifikan’ dari gejala yang muncul. Perbaikan dimulai segera setelah 10 menit setelah menggunakan semprotan.

Sementara itu, sebuah studi pada 2015 menunjukkan bahwa cabe rawit memiliki sifat antibakteri. Dalam tes laboratorium, para ilmuwan menemukan bahwa itu memerangi Streptokokus grup A, jenis bakteri yang bertanggung jawab untuk radang tenggorokan dan penyakit lainnya.

 

Setelah mengetahui manfaat cabe rawit, Anda bisa mendapatkan cabe ini dalam kondisi segar yang diambil langsung dari petani di TaniHub. Caranya cukup buka browser dan kunjungi https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Apple Store maupun Google Play Store.

 

Tak hanya mudah, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub