Cara Kirim Barang, Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Ke Luar Pulau Secara Aman

Agar barang yang kamu kirim menggunakan jasa pengiriman barang aman dan selamat sampai tujuan. Ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa tips berikut ini.  Tips berikut ini juga berlaku, untuk semua tujuan paket pengiriman, baik di kota yang sama, antar kota, antar pulau, bahkan antar negara sekalipun.     

 

  1. Sesuaikan jenis service yang dibutuhkan

Yang dimaksud dengan jenis service yang ditawarkan oleh jasa pengiriman terdekat dalam hal ini, cukup beragam, mulai dari door to door, atau artinya paket akan diambil ke alamat kamu, dan dikirim hingga ke alamat tujuan. Atau ada juga port to port, dimana paket akan dikirim ke tempat tertentu, misalnya saja kantor cabang jasa pengiriman, dan pihak konsumen juga akan mengambil paket tersebut di kantor cabang terdekat yang ada di sekitar rumahnya. Ada juga port to door atau juga door to port.

 

Jadi dalam hal ini kamu perlu memperhatikan service yang akan digunakan, dan pilih yang dinilai tepat. Khusus untuk pemilihan service tersebut, perhatikan juga apakah ada biaya tambahan yang harus kamu bayar, misalnya biaya angkut paket ke lokasi kamu atau yang lainnya. Karena beberapa penyedia jasa ada yang sengaja tidak memberikan tarif pengambilan barang.  

 

  1. Cek jenis barang yang akan dikirim

Cek juga jenis barang yang akan kamu kirim. Pastikan barang yang akan dikirim menang terbukti aman. Karena ada beberapa jenis barang yang memang tidak bisa dikirim, misalnya saja barang yang mudah terbakar, dan yang lainnya. Ada juga jenis barang yang membutuhkan penanganan khusus, misalnya saja paket pengiriman makanan beku.  

 

Biasanya pihak jasa ekspedisi, atau jasa pengiriman barang, akan mencantumkan akan aneka macam jenis barang yang memang tidak dapat dikirim. Informasi tersebut, biasanya dicantumkan di website resmi pihak penyedia jasa.

 

  1. Cek ongkos kirim yang harus dibayar

Mengingat kali ini kamu akan mengirimkan barang ke luar pulau, maka kamu perlu memperhatikan biaya / tarif jasa pengiriman barang ke luar pulau yang diberikan. Dimana layanan pengecekan sendiri, bisanya juga ada di laman website resmi jasa ekspedisi.

 

Untuk melihat / mengecek tarif ongkir tersebut kamu harus memasukkan alamat kirim dan alamat penerima, berikutnya cantumkan jenis pengiriman yang akan digunakan, serta volume berat dari barang yang akan dikirim tersebut.

 

  1. Gunakan asuransi pengiriman barang

Biaya pihak jasa pengiriman akan memberikan layanan asuransi. Fungsinya untuk mengamankan barang yang akan dikirim tersebut, dari kerusakan, resiko kehilangan dan yang lainnya.

Apalagi barang yang akan kamu kirim tersebut terbilang berharga. Sudah pasti asuransi jadi hal penting yang perlu kamu perhatikan.

 

  1. Beri label pada setiap kemasan barang

Agar barang yang akan kamu kirim aman, hingga ke tempat tujuan. Sebaiknya beri label pada bagian luar kardus atau kemasan dari barang tersebut. Hal tersebut dilakukan, agar pihak kurir mengetahui tentang barang yang dikirim disebut.

 

Misalnya saja kamu akan mengirimkan barang pecah belah atau elektronik. Maka pada bagian kemasan terdapat informasi, atau  terdapat kata peringatan. Sudah pasti pihak kurier akan lebih waspada akan barang yang akan dikirim tersebut.  

 

  1. Pilih jenis kargo secara tepat

Jangan lupa, pilih juga jenis kargo yang kan digunakan. Terutama ketika kamu ingin mengirimkan paket dalam waktu yang cepat, maka kamu dapat memilih jenis paket same day atau juga next day. Seperti yang ditawarkan oleh Lion Parcel, yang mempunyai beragam jenis paket pengiriman. Didukung oleh armada yang tepat, seperti pesawat, membuat berbagai macam paket, dapat dikirim secara cepat dan pastinya tepat waktu.

 

Dari penjelasan di atas, sedikit banyak kamu akan mengerti bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan, ketika akan mengirim barang menggunakan jasa pengiriman. Agar barang yang akan dikirim kelak, selamat dan aman hingga tujuan.